Sabtu, 18 April 2020

Resep Bakso Daging Kenyal dengan Kuah Gurih




Hallo Bunda Pada Kesempatan ini saya akan bagikan resep yang mudah dibuat, bahannya bisa kita cari dengan mudah, oya bunda silahkan simak cara verikut: 

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal (+ Kuah yang Gurih dan Nikmat) **
Halo, selamat datang di Resepkoki.co. Untuk berlangganan resep praktis silahkan daftar di halaman ini.
Bakso adalah makanan favorit banyak orang dan berbagai kalangan. Lihat saja, dari bakso gerobak sampai berupa tempat makan gede, sebagian besar pasti dicari orang dan punya pelanggan masing-masing. Mungkin Anda pun yang sekarang membaca tulisan ini adalah salah satu pecinta bakso, betul tidak? ^^
Sekarang Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, selain lebih bersih, tentu juga lebih sehat karena kita bisa memilih untuk tidak menggunakan bahan-bahan kimia atau penyedap berlebih.
Penasaran bagaimana cara membuat bakso yang kenyal?
Resep berikut ini sudah diuji oleh beberapa orang, dan hasilnya terbukti bisa menghasilkan bakso yang kenyal. Jangan takut gagal ya!
Sebagai catatan, resep dan cara pembuatan di bawah ini cukup panjang dan detail, jadi tolong dibaca pelan-pelan sampai selesai baru mencoba untuk membuatnya. Selamat mencoba…
Bahan:
500 gram daging sapi tanpa lemak (pilih yang segar)
150 gram es batu, hancurkan (bisa juga menggunakan air es super dingin)
50 ml putih telur
3 siung bawang putih, iris tipis, digoreng
3-5 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam (15 gram)
1/2 sdt soda kue (bisa juga baking powder)
100 gram tepung sagu tani/tapioka (atau sesuai selera masing-masing)
Air dalam panci untuk merebus bakso.
Cara membuat:
1. Potong-potong daging agar lebih mudah dihaluskan. Masukkan dalam blender daging atau food processor (FP) beri setengah bagian es batu. Giling hingga halus. Masukkan putih telur, bawang putih goreng, bawang putih halus, garam dan sisa es batu. Giling lagi hingga benar-benar halus.
2. Masukkan tepung sagu tani/tapioka dan soda kue (atau baking powder), giling lagi hingga menjadi adonan pasta yang lembut dan mulus.
3. Didihkan air dalam panci untuk merebus. Setelah mendidih, matikan api (atau pakai api yang kecil sekali agar air jangan bergolak mendidih cukup hanya panas saja).
4. Ambil segenggam adonan bakso kemudian kepalkan tangan dan tekan jemari hingga adonan menyembul keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, celupkan sendok ke air dingin (tujuannya agar sendok tidak lengket ke adonan) kemudian angkat bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas dalam panci. Bisa juga dibulatkan dengan bantuan 2 buah sendok teh. Lakukan hingga adonan habis.
5. Biarkan bakso sampai mengambang, kemudian nyalakan/besarkan sedikit apinya dan masak kembali dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
6. Biarkan bakso sampai mengambang, kemudian nyalakan/besarkan sedikit apinya dan masakn kembali dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
7. Siapkan air dingin dalam wadah/baskom, angkat bakso yang sudah matang dari panci dan masukkan ke dalam air dingin. Biarkan hingga dingin. Tiriskan dan bakso siap dipakai.
Bonus: Membuat Kuah Bakso yang Nikmat
8. Kuah dibuat dari kaldu tulang kaki sapi dan juga ditambah dengan daging tetelan sapi. Bumbunya standar saja bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir, merica bubuk, pala bubuk atau ditambah kaldu bubuk bila suka.
Tips:
- Soda kue (atau baking powder) fungsinya untuk membantu bakso mempunyai pori halus di dalamnya. Adanya pori ini membantu bakso menyerap bumbu-bumbu dan kaldu dalam kuahnya sehingga rasanya lebih enak.
- Jika menginginkan bakso dengan tekstur yang lebih renyah, bisa juga dicampur dengan sedikit fillet dada ayam. Misalnya 400 gram daging sapi dan 100 gram fillet dada ayam.
- Pada saat membulatkan adonan, telapak tangan bisa dioles dengan sedikit minyak goreng agar adonan tidak terlalu lengket di tangan. Kepal-kepal dulu dengan tangan agar permukaan adonan mulus sebelum digenggam dan ditekan keluar.
- Jangan memasukkan bakso langsung ke dalam air yang bergolak mendidih karena air yang sedang bergolak akan merusak permukaan bakso sehingga hasilnya jadi tidak mulus. Bakso yang matang secara perlahan juga teksturnya jadi lebih baik. Ketika bakso sudah mengambang semua baru didihkan.
- Jika menyimpan bakso dalam kulkas atau freezer, simpan dalam plastik atau zipper bag yang tertutup rapat agar bakso tidak menjadi kering.
Catatan:
Bakso fresh tanpa pengawet hanya tahan seharian saja di suhu ruang, tahan seminggu dalam suhu kulkas/chiller dan tahan hingga 2-3 bulan dalam suhu beku/freezer.
Silakan share jika resep ini bermanfaat 


Silahkan di coba ya bunda oya bunda ikuti ya bunda Blog Kami dan jangan lupa share ya bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar